Mengenal lebih dekat BANK BRI


SEKILAS PT BANK BRI

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (“BRI”,“Bank”, atau “Perseroan”) dimulai sejak 16 Desember 1895 di Purwokerto, Jawa Tengah dengan nama “Hulp en Spaarbank der Inlandsche Bestuurs Ambtenaren” yang setelah beberapa kali mengalami perubahan nama kemudian resmi ditetapkan menjadi Bank Rakyat Indonesia sejak 16 Desember 1968 berdasarkan UU No.21 tahun 1968. Sejak tahun 1992, status BRI berubah menjadi Perseroan Terbatas dengan 100% kepemilikan BRI ditangan pemerintah Republik Indonesia yang kemudian pada tahun 2003, BRI melakukan Initial Public Offering (IPO) sehingga komposisi kepemilikan saham pemerintah di BRI menjadi 56.75%, sementara sisanya sebesar 43,25% dimiliki oleh pemegang saham publik.

PROFIL PT BANK BRI

Sebagai bank komersial tertua, BRI konsisten memberikan pelayanan kepada segmen usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan hingga saat ini BRI tetap mampu menjaga komitmen tersebut di tengah kompetisi industry perbankan Indonesia. Dengan dukungan pengalaman dan kemampuan yang matang dalam memberikan layanan perbankan, terutama pada segmen UMKM, BRI mampu mencatat prestasi selama 10 tahun berturutturut sebagai bank dengan laba terbesar. Keberhasilan ini adalah hasil kerja keras segenap insan BRI, yang secara terus menerus menambah kompetensi, berinovasi dan mengembangkan produk dan jasa perbankan bagi semua segmen bisnis.

Konsisten fokus pada Segmen Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) melalui lebih dari 10.000 unit kerja yang terintegrasi secara online di seluruh Indonesia menjadikan BRI sebagai salah satu Bank dengan layanan Micro Banking terbesar di Indonesia dan dunia. BRI juga terus mengembangkan berbagai produk consumer banking dan layanan institusional bagi masyarakat perkotaan. Untuk mendukung upaya tersebut, BRI terus mengembangkan jaringan kerja sehingga kini tercatat sebagai bank terbesar dalam hal jumlah unit kerja di Indonesia, yaitu berjumlah 10.396 unit kerja termasuk 3 kantor cabang yang berada di luar negeri, yang seluruhnya terhubung secara real time online.

Dasar Hukum Pendirian

Undang-Undang No 21 Tahun 1968

Kepemilikan

Pemerintah Republik Indonesia 56,75%

Publik 43,25%

Pencatatan di Bursa Saham

Saham Perseroan telah dicatatkan di Bursa Efek Jakarta pada tanggal 10 November 2003 dengan kode perdagangan BBRI.

Kode Saham

BBRI

Modal Dasar

Rp15.000.000.000.000

Modal Ditempatkan dan Disetor Penuh

Rp 6.167.290.500.000,-

Jaringan Usaha

  • 1 Kantor Pusat
  • 19 Kantor Wilayah
  • 461 Kantor Cabang (termasuk 3 Unit Kerja Luar Negeri)
  • 584 Kantor Cabang Pembantu
  • 971 Kantor Kas
  • 5.293 BRI Unit
  • 2.457 Teras BRI
  • 610 Teras BRI Keliling
  • 152.443 Jaringan e-channnel (ATM, EDC, CDM, E-Buzz) di seluruh Indonesia

KEUNGGULAN 

1.    Jaringan Luas
Bank BRI memiliki jaringan yang luas sehingga memberikan kemudahan bagi Anda untuk bertransaksi. Bank BRI memiliki lebih dari 6.800 unit kerja dan sudah menjadi bank devisa sejak tahun 1962.

2.    Tenaga Kerja Profesional
Treasury Bank BRI didukung oleh tenaga kerja profesional yang siap memberikan pengarahan terkait dengan bisnis Anda dan produk-produk yang kami miliki. Tujuan kami murni untuk memberikan pelayanan terbaik bagi anda.

3.    Jaringan yang tersebar luas di seluruh Indonesia dan terhubung secara On Line

4.    Peluang besar untuk memenangkan hadiah, total Milyaran Rupiah

5.    Dilengkapi dengan BRI Card (Kartu BRI) yang berfungsi sebagai Kartu ATM dan Kartu Debit dengan fitur transaksi yang lengkap.

6.    Pembukaan Rekening Tabungan Simpedes BRI yang mudah dan praktis, di seluruh unit kerja BRI.

7.    Jumlah dan frekuensi setor dan ambil tidak dibatasi, sepanjang memenuhi ketentuan yang berlaku

8.    Layanan produk Sesuai Kebutuhan Anda
Produk yang kami miliki dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda, antara lain:

- Produk Foreign Exchange

- Produk Money Market

- Produk Fixed income

- Produk Derivatif


KELEMAHAN : 

Kekurangan dari BRI, untuk transaksi online masih belum begitu populer. Hal yang sama juga dengan Bank bumn lainnya , walau sudah tersedia produk VCN dan DOKU WALLET Serta lainnya. bank tersebut masih kalah dengan swasta yang sudah familier untuk transaksi online.

 

Kesimpulan 

Secara keseluruhan sistem yang ada di BRI sudah mencapai taraf pengelolaan yang baik dengan kategori ERP software, dengan pengawasan yang berlapis baik itu tingkat Unit, Cabang, Wilayah Maupun Pusat, sehingga dalam kegiatan operasional lebih terjamin akan keamanan dan kepuasan nasabah.

 

Komentar