Mengenal lebih dekat BANK BRI
SEKILAS PT BANK BRI
PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (“BRI”,“Bank”, atau “Perseroan”)
dimulai sejak 16 Desember 1895 di Purwokerto, Jawa Tengah dengan nama “Hulp en
Spaarbank der Inlandsche Bestuurs Ambtenaren” yang setelah beberapa kali
mengalami perubahan nama kemudian resmi ditetapkan menjadi Bank Rakyat
Indonesia sejak 16 Desember 1968 berdasarkan UU No.21 tahun 1968. Sejak tahun
1992, status BRI berubah menjadi Perseroan Terbatas dengan 100% kepemilikan BRI
ditangan pemerintah Republik Indonesia yang kemudian pada tahun 2003, BRI
melakukan Initial Public Offering (IPO) sehingga komposisi
kepemilikan saham pemerintah di BRI menjadi 56.75%, sementara sisanya sebesar
43,25% dimiliki oleh pemegang saham publik.
PROFIL PT BANK BRI
Sebagai bank komersial tertua, BRI konsisten memberikan pelayanan kepada
segmen usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan hingga saat ini BRI tetap
mampu menjaga komitmen tersebut di tengah kompetisi industry perbankan
Indonesia. Dengan dukungan pengalaman dan kemampuan yang matang dalam memberikan
layanan perbankan, terutama pada segmen UMKM, BRI mampu mencatat prestasi
selama 10 tahun berturutturut sebagai bank dengan laba terbesar. Keberhasilan
ini adalah hasil kerja keras segenap insan BRI, yang secara terus menerus
menambah kompetensi, berinovasi dan mengembangkan produk dan jasa perbankan
bagi semua segmen bisnis.
Konsisten fokus pada Segmen Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) melalui
lebih dari 10.000 unit kerja yang terintegrasi secara online di
seluruh Indonesia menjadikan BRI sebagai salah satu Bank dengan layanan Micro
Banking terbesar di Indonesia dan dunia. BRI juga terus mengembangkan
berbagai produk consumer banking dan layanan institusional bagi
masyarakat perkotaan. Untuk mendukung upaya tersebut, BRI terus mengembangkan
jaringan kerja sehingga kini tercatat sebagai bank terbesar dalam hal jumlah
unit kerja di Indonesia, yaitu berjumlah 10.396 unit kerja termasuk 3 kantor
cabang yang berada di luar negeri, yang seluruhnya terhubung secara real
time online.
Dasar Hukum Pendirian
Undang-Undang No 21 Tahun 1968
Kepemilikan
Pemerintah Republik Indonesia
56,75%
Publik 43,25%
Pencatatan di Bursa Saham
Saham Perseroan telah dicatatkan
di Bursa Efek Jakarta pada tanggal 10 November 2003 dengan kode perdagangan
BBRI.
Kode Saham
BBRI
Modal Dasar
Rp15.000.000.000.000
Modal Ditempatkan dan Disetor
Penuh
Rp 6.167.290.500.000,-
Jaringan Usaha
- 1 Kantor
Pusat
- 19 Kantor
Wilayah
- 461 Kantor
Cabang (termasuk 3 Unit Kerja Luar Negeri)
- 584 Kantor
Cabang Pembantu
- 971 Kantor
Kas
- 5.293 BRI
Unit
- 2.457
Teras BRI
- 610 Teras
BRI Keliling
- 152.443 Jaringan e-channnel (ATM, EDC, CDM, E-Buzz) di seluruh Indonesia
KEUNGGULAN
1. Jaringan Luas
Bank BRI memiliki jaringan yang luas sehingga memberikan kemudahan bagi Anda
untuk bertransaksi. Bank BRI memiliki lebih dari 6.800 unit kerja dan sudah
menjadi bank devisa sejak tahun 1962.
2. Tenaga Kerja Profesional
Treasury Bank BRI didukung oleh tenaga kerja profesional yang siap memberikan
pengarahan terkait dengan bisnis Anda dan produk-produk yang kami miliki.
Tujuan kami murni untuk memberikan pelayanan terbaik bagi anda.
3. Jaringan yang tersebar luas di seluruh Indonesia dan
terhubung secara On Line
4. Peluang besar untuk memenangkan hadiah, total Milyaran
Rupiah
5. Dilengkapi dengan BRI Card (Kartu BRI) yang berfungsi
sebagai Kartu ATM dan Kartu Debit dengan fitur transaksi yang lengkap.
6. Pembukaan Rekening Tabungan Simpedes BRI yang mudah
dan praktis, di seluruh unit kerja BRI.
7. Jumlah dan frekuensi setor dan ambil tidak dibatasi, sepanjang memenuhi ketentuan yang berlaku
8. Layanan produk Sesuai Kebutuhan Anda
Produk yang kami miliki dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda, antara lain:
- Produk Foreign Exchange
- Produk Money Market
- Produk Fixed income
- Produk Derivatif
KELEMAHAN :
Kekurangan dari BRI, untuk transaksi online masih belum
begitu populer. Hal yang sama juga dengan Bank bumn lainnya , walau sudah tersedia
produk VCN dan DOKU WALLET Serta lainnya. bank tersebut masih kalah dengan swasta
yang sudah familier untuk transaksi online.
Kesimpulan
Secara
keseluruhan sistem yang ada di BRI sudah mencapai taraf pengelolaan yang baik
dengan kategori ERP software, dengan pengawasan yang berlapis baik itu tingkat
Unit, Cabang, Wilayah Maupun Pusat, sehingga dalam kegiatan operasional lebih
terjamin akan keamanan dan kepuasan nasabah.
Komentar
Posting Komentar